Lolos Uji Durabilitas OnePlus 8T Dibongkar JerryRigEverything

Posted on

Lolos Uji Durabilitas OnePlus 8T Dibongkar JerryRigEverything – Beberapa hari yang lalu, Zack (YouTube: JerryRigEverything) menguji ketahanan OnePlus 8T yang baru diperkenalkan oleh OnePlus. Berbeda dengan OnePlus 7T yang kaca belakangnya retak, OnePlus 8T lolos dari pengujian. Dan kini, video teardown OnePlus 8T mengungkap dukungan baterai ganda yang tengah menjadi sorotan belakangan ini.

Lolos Uji Durabilitas OnePlus 8T Dibongkar JerryRigEverything

Saat Zack membuka panel belakang smartphone tersebut, kita bisa melihat kumparan NFC di bagian atas interior. Setelah melepaskan 16 buah sekrup, kita juga melihat speaker di bawah tanpa segel kedap air. Itu karena jala dipasang ke bingkai. Saat melepas kabel pita tengah, kita bisa melihat penempatan baterai ganda di dalam smartphone tersebut.

Jika dilihat dari tampilannya, sebenarnya ini bukanlah seperti dua baterai fisik yang terpisah tetapi memiliki lipatan di bagian tengah. Ini berarti ada dua baterai yang dikemas sebagai satu kesatuan dengan sambungan di tengah. Dari segi spesifikasi, OnePlus telah menyimpan masing-masing pada kapasitas 2.250 mAh.

Seperti yang telah diinformasikan oleh OnePlus saat memperkenalkan OnePlus 8T bahwa smartphone ini dibekali baterai dengan total berkapasitas 4.500 mAh. Karena itu, desain sel ganda sekali lagi mengingatkan kita bahwa baterai tidak dapat menahan kecepatan pengisian lebih dari 30W.

Saat ini sudah banyak pabrikan samrtphone yang telah mengadopsi desain sel ganda di sektor catu daya

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengisian daya smartphone menjadi 65W atau lebih. Beberapa pabrikan smartphone tersebut di termasuk OPPO, vivo, realme, dan sekarang OnePlus.

Selanjutnya, bingkai speaker, port pengisian daya, beberapa kabel internal, slot SIM tampaknya memiliki cincin karet di sekelilingnya yang bertujuan untuk melindunginya air. Namun, OnePlus 8T sesungghnya tidak memiliki sertifikasi IP rating resmi, kecuali OnePlus 8T+ 5G yang dipasarkan oleh T-Mobile.

Sedangkan untuk cooling system, motherboard dari smartphone ini memiliki pita grafit dan tembaga yang menutupi perisai perak. Jika digores, pasta termal akan terlihat di bagian atasnya. Solusi inilah yang mungkin membuat chipset yang menempel pada smartphone ini tetap dingin.

OnePlus telah menerapkannya ke bagian belakangnya juga. Selain itu, bagian dalam bingkai memiliki ruang tembaga yang mengalir ke baterai dengan pipa tembaga. Menariknya, tata letak kameranya juga berupa lembaran grafit dan tembaga agar tetap sejuk.

Namun demikian, OnePlus telah mempertahankan tradisi membuat perangkat suara alias speaker yang disematkan secara struktural. Karena itulah, OnePlus 8T kembali membawa momentum, di mana perangkat ini punya bahasa marketing “menggandakan kesenangan” meskipun itu hanya sebuah permainan kata-kata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *