Kuota Belajar Kemendikbud Bulan Oktober Mulai Disalurkan Hari Ini

Posted on

Kuota Belajar Kemendikbud Bulan Oktober Mulai Disalurkan Hari Ini – Kementerian Pendidian dan Kebudayaan ( Kemendikbud) hari ini mulai menyalurkan bantuan kuota data internet untuk siswa, mahasiswa, guru, dan dosen tahap I untuk bulan Oktober 2020. Penyaluran bantuan ini akan berlangsung hingga 24 Oktober mendatang. Seperti sebelumnya, bantuan kuota internet ini terdiri atas dua kuota, yakni kuota umum dan kuota khusus.

Kuota Belajar Kemendikbud Bulan Oktober Mulai Disalurkan Hari Ini

Foto dirilis Rabu (16/9/2020), memperlihatkan sejumlah siswa SDN Marmoyo, mengerjakan tugas dengan berkelompok menggunakan gawai secara bergantian di rumah warga Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Pembelajaran secara daring selama pandemi Covid-19 ini memunculkan masalah tersendiri bagi anak-anak yang tinggal di wilayah pelosok Jombang yang tidak bisa mengakses jaringan internet.

Adapun kuota umum, bisa digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi. Sementara kuota belajar hanya bisa digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran. Aplikasi dan laman belajar yang dimaksud misalnya Kipin School 4.0. Microsoft Education, Quipper, Ruangguru, Rumah Belajar, Sekolah.mu, Udemy, Zenius, Google Classroom, Edmodo, dan masih banyak lagi. Kuota juga bisa digunakan untuk mengakses platform konferensi video, seperti Cisco Webex.

Google Meet, Microsoft Teams, U Meet Me, dan Zoom. Selain itu, kuota belajar juga bisa digunakan untuk mengakses 401 situs perguruan tinggi di Indonesia. Keseluruhan daftar aplikasi dan situs yang bisa diakses bisa dilihat di laman berikut. Besaran kuota Peserta didik jenjang PAUD akan mendapatkan jatah kuota 20 GB per bulan yang dibagi menjadi 5 GB kuota umum dan 15 GB kuota belajar. Sementara siswa jenjang SD dan menengah mendapat bantuan kuota sebesar 35 GB per bulan.

Kuota itu dibagi menjadi 5 GB kuota umum dan 30 GB kuota belajar

Untuk pendidik jenjang PAUD dan SD dan menengah mendapat jatah kuota 42 GB per bulan. Kuota tersebut dibagi menjadi 5 GB kuota umum dan 37 GB kuota kota belajar. Sedangkan dosen dan mahasiswa mendapat kuota sebesar 50 GB yang dibagi menjadi 5 GB kuota umum dan 45 GB kuota belajar. Cara cek Pengecekan bantuan kuota data internet bagi pelanggan Telkomsel dapat diakses melalui menu dial *888# dan aplikasi MyTelkomsel.

Pelanggan Axis dan XL bisa melakukan pengecekan kuota belajar dari Kemendikbud melalui nomor *123# kemudian pilih info, pilih Info Kartu-XL-ku, pilih info cek kuota dan pilih paket Terus Belajar. Pengecekan juga bisa dilakukan melalui aplikasi myXL dan AxisNet. Untuk pelajar, mahasiswa, atau pendidik yang menggunakan layanan Indosat Ooredoo bisa mengecek subsidi kuota belajar melalui aplikasi myIM3. Bisa juga melalui nomor USSD *123*075# kemudian pilih nomor 1. Untuk pelanggan Tri, bisa mengecek kuota belajar dari pemerintah melalui nomor USSD *123*10*3#. Bisa juga dilakukan melalui aplikasi Bima+ yang nantinya akan muncul informasi di kolom ‘kuota aplikasi dan edukasi’.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *