Inilah Teknologi di Balik Inovasi Audio Samsung Soundbar HW-Q950T

Posted on

Inilah Teknologi di Balik Inovasi Audio Samsung Soundbar HW-Q950T – Dengan maraknya TV berukuran besar yang menawarkan resolusi tinggi serta visual spektakuler, kualitas audio sebagai sentuhan akhir untuk memberikan pengalaman home entertainment yang imersif telah menjadi prioritas baru bagi penikmat hiburan. Salah satu cara menghadirkan audio berkualitas mumpuni adalah dengan perangkat soundbar.

Inilah Teknologi di Balik Inovasi Audio Samsung Soundbar HW-Q950T

Untuk pengalaman home entertainment yang kian sempurna dan menyeluruh, suara terbaik untuk mengimbangi tontonan favorit di TV, Samsung menghadirkan Samsung Soundbar HW-Q950T,” ucap Liem Kwok Cek, AV Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Ditambahkan oleh Liem Kwok Cek bahwa soundbar ini telah dipersenjatai dengan True Dolby Atmos 9.1.4 yang mampu menyemburkan suara ke berbagai sudut. Ini menjadikan suara yang dihasilkan bagaikan mengalir mengelilingi pengguna.

Samsung Soundbar HW-Q950T juga punya dukungan teknologi audio multi-dimensi Dolby Atmos dan DTS:X. Kemampuan teknologi Q-Symphony dalam mengaktifkan dan memutar surround sound dari TV Speaker dan Soundbar Speaker bersamaan, menciptakan sinergi audio yang luar biasa dengan TV yang kompatibel.

Sementara, Kombinasi visual TV dan audio Soundbar HW-Q950T ini akan membuat setiap adegan terasa nyata, hadirkan pengalaman menikmati konten yang seru, menghibur seluruh anggota keluarga. Sudah barang tentu, Samsung Soundbar HW-Q950T juga jadi perangkat audio yang menarik untuk ditempakan di ruang keluarga.

HW-Q950T kini memiliki fitur Q-Symphony yang memungkinkan pemutaran soundbar

Dan televisi yang dipasangkan dengannya secara bersamaan. Mengapa Samsung menghadirkan Q-Symphony? Ini bertujun untuk mengatasi masalah yang sering muncul saat pengguna memakai speaker TV konvensional dan soundbar secara bersamaan.

Ya! Saat pengguna memakai speaker TV konvensional bersama dengan soundbar, terkadang audio yang keluar tidak sinkron dengan adegan yang berjalan di layar. Akhirnya, pengguna harus mematikan speaker TV saat menggunakan soundbar. Namun, berkat Q-Symphony hal itu tidak perlu lagi dilakukan oleh pengguna Soundbar HW-Q950T.

Ide Q-Symphony sendiri berawal dari keinginan untuk menghadirkan surround sound yang lebih berkualitas dengan memanfaatkan speaker atas TV yang dikombinasikan dengan soundbar. Untuk mewujudkan solusi hybrid ini, suara dari speaker TV dan soundbar harus disinkronkan dalam hal waktu dan volume.

Selain itu, dalam teknologi terbaru, peran masing-masing speaker TV dan soundbar telah dibedakan dengan jelas untuk memungkinkan harmonisasi suara yang lebih baik. Sementara soundbar menyajikan suara utama seperti suara manusia, speaker atas menghadirkan efek suara latar.

Spesifikasi audio tertinggi saat ini untuk sistem home theater adalah pengaturan 9.1.4 channel, yang biasanya membutuhkan total sebanyak 14 speaker. Namun, Samsung Soundbar HW-Q950T mampu mewujudkan spesifikasi channel yang luar biasa ini hanya dengan empat speaker.

Menyusul berkembangnya pasar home theater di tahun 90-an

Pengguna bisa merasakan surround sound yang tidak hanya mencakup sisi kiri dan kanan, tetapi juga bagian depan dan belakang. Lebih jauh lagi, pengenalan teknologi Dolby Atmos pada tahun 2014 memungkinkan surround sound 3D mencakup suara dari atas dan bawah juga.

Tahun 2016, Samsung merilis HW-K950, soundbar yang hanya membutuhkan empat speaker untuk menghasilkan surround sound pada 5.1.4 channel. Selanjunya diperkenalkan HW-Q90R, soundbar 7.1.4 channel yang memiliki surround channel di belakang.

Pada tahun ini, Samsung melangkah lebih maju lagi dengan memperkenalkan Soundbar HW-Q950T, sebuah soundbar. 9.1.4 channel yang dilengkapi dengan dua wide channel tambahan untuk menghantarkan suara pada sudut 60° ke kedua sisi bagian tengah.

Untuk menghasilkan suara yang lebih lengkap, speaker di ujung kanan dan kiri. Yang menyediakan surround sound, telah dipindahkan ke tepi soundbar. Selain itu, dua speaker tambahan yang diorientasikan pada sudut yang dioptimalkan. Untuk fungsionalitas wide channel telah digabungkan di posisi paling kiri dan kanan.

Dengan fungsionalitas wide channel, pengguna bisa menikmati suara yang dipancarkan. Dari berbagai sudut yang berbeda dan merasakan pengalaman audio yang lebih lengkap. Efek ini juga memberikan rasa realisme yang lebih luas, dan, dengan menambahkan vitalitas pada gerakan di layar.

Samsung sendiri sudah memasarkan Soundbar HW-Q950T di Indonesia dan perangka ini dijual dengan harga Rp24.999.000. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai soundbar erbaru dari Samsung ini, kalian bisa mengunjungi https://www.samsung.com/id/audio-video/soundbar-hw-q950t/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *